Mahasiswa Ilmu Ekonomi UIN Alauddin Makassar Melaksanakan Kuliah Lapang

Makassar.Sulsel. Jurusan Ilmu Ekonomi UIN Alauddin Makassar yang memiliki Visi sebagai Pusat Perencanaan dan Transformasi Ekonomi yang Terintegrasi dengan Nilai Keislaman. Untuk mewujudkan visi melalui pendidikan dan pengajaran sebagai salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi dan sejalan dengan salah satu Konsentrasi pada Jurusan tersebut yakni Konsentrasi Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan Daerah dan Desa, sehingga selain menawarkan mata kuliah berbasis teori di ruang kelas, juga diharapkan lulusan mampu mengimplementasikan konsep dan teori pembangunan dan perencanaan daerah dan desa.

Berdasarkan hal tersebut, Jurusan Ilmu Ekonomi UIN Alauddin Makassar melaksanakan kuliah lapang, sebagai bagian dari mata kuliah Konsentrasi Ekonomi Perencanaan Pembangunan Daerah & Desa dengan membangun tema “Perencanaan Pembangunan Berbasis Partisipatif Menuju Desa Mandiri”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa pada Jurusan Ilmu Ekonomi yang mengambil mata kuliah konsentrasi tersebut yang berjumlah 30 orang dan juga didampingi langsung Dr. Hasbiullah, S.E., M.Si sebagai Ketua Jurusan dan Baso Iwang, S.E., M.Si., Ph.D sebagai Sekretaris Jurusan serta beberapa dosen diantaranya Abdul Rahman, Ahmad Kafrawi, Bahrul ulum, Juardi, Sitti Aisyah, Rizka Jafar, dan Juardi. (29 Juni 2022).

Kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Marusu dan di Desa Temmappaduae karena wilayah tersebut merupakan wilayah yang menjadi penyumbang PAD terbesar di Kabupaten Maros serta Desa Temmapadduae sebagai desa maju di wilayah Kecamatan Marusu.

Dr. Hasbiullah selaku Ketua Jurusan dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa Jurusan Ilmu Ekonomi UIN Alauddin Makassar merupakan satu satunya Jurusan yang memiliki Kosentrasi Ekonomi Perencanaan Pembangunan Daerah dan Desa di Kawasan Timur Indonesia, hal ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah memberikan legal standing dan landasan strategis untuk pembanguan dan pemberdayaan masyarakat desa, menuju desa yang mandiri dan sejahtera.(29 Juni 2022).

Undang-Undang Desa memberikan pengakuan dan penyerahan kekuasaan berskala desa. Lebih lanjut ditambahkan, sebagai penguatan kompetensi lulusan Jurusan Ilmu Ekonomi khususnya kosentrasi Ekonomi Perencanaan Pembangunan Daerah dan Desa. Narasumber dalam kegiatan tersebut yakni; Camat Kecamatan Marusu dan Kepala Desa Temmappaduae. Selain itu karena wilayah tersebut merupakan kawasan pengembangan industri KIMA 2 yang tentunya akan membawa pengaruh kepada masyarakat sehingga akan menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah setempat dalam memaksimalkan potensi yang ada di wilayah mereka.

Sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan Penandatanganan Kerjasama (PKS) yang menyepakati beberapa item program/kegiatan yang akan dilakukan. Selanjutnya, sebagai implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) yang sebelumnya telah dilakukan oleh Rektor UIN Alauddin Makassar dengan Bupati Kabupaten Maros. Seluruh rangkaian kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Bapak Dr. Amiruddin K, M.E.I.(29 Juni 2022).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *