Dosen Program Studi Kewirausahaan Bersama Mahasiswa Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate

Foto: Dr. Muhammad Rakib, S.Pd., M.Si selaku Ketua Tim Pengabdi memberikan materi

Program Studi Kewirausahaan Jurusan Bisnis dan Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Negeri Makassar (UNM) kembali mengadakan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat, 2-3 September 2021 di rumah produksi UD Celebes Jalan Abdul Kuddus keluarahan Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Sejumlah 10 warga kelurahan Barombong sebagai tenaga lepas pada Usaha Mamiri (UD Celebes) antusias mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat diversifikasi produk singkong frozen. Tim dari UNM terdiri atas 3 dosen yaitu Dr. Muhammad Rakib, S.Pd., M.Si. (ketua Tim Pegabdi), Dr. Ir. Hj. Marhawati Najib, M.Si. dan Agus Khalid, S.Pd., M.M (anggota Tim Pengabdi), serta 3 orang mahasiswa Program Studi Kewirausahaan yaitu Rifky, Julita Nanna’, dan Kholis. (10/9/2021)

Foto: Proses Pengolahan bahan baku

Di masa pandemi Covid 19 tidak sedikit usaha kecil mengalami omzet penjualan anjlok sehingga memaksa untuk berhenti beroperasi sementara dalam rangka menghindari kerugian yang dapat menyebabakn gulung tikar. Selain itu, daya beli masyarakat juga mengalami penuruan dan tentunya berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Salah satu usaha kecil mengalami kondisi tersebut adalah Usaha Mammiri atau dikenal sebelumnya UD. Celebes (Mitra) selama Pandemi terpaksa menjual beberapa asetnya termasuk toko tempat pemasaran hasil produksinya untuk menutupi utang bank yang jatuh tempo. Mitra selama pandami terpaksa berhenti melakukan kegiatan produksi seperti kacang Mete dan Markisa karena biaya produksinya sangat tinggi utamanya harga bahan bakunya semakin mahal karena produksinya kurang. Di sisi lain, daya beli masyarakat juga sangat rendah dan bahkan tidak ada mengingat yang menjadi segmen pasar Mitra adalah para pengunjung atau wisatawan yang datang ke Kota Makassar untuk dijadikan oleh-oleh khas Sulawesi Selatan.

Foto: Pengemasan Produk Singkong Frosen dan Tim Pengabdi

Berhentinya Mitra melakukan produksi berarti juga mengakibatkan beberapa warga Kelurahan Barombong yang menjadi tenaga kerja lepas kehilangan mata pencaharian. Melihat permasalahan yang dihadapi oleh Mitra, Tim pengabdi termotivasi untuk membantu Mitra dan masyarakat sekitarnya dengan memperkenalkan dan memberikan pelatihan melakukan diversifikasi produk singkong frozen yang bahan bakunya relatif murah dan melimpah dari daerah tetangga yaitu Takalar dan Gowa. Output kegiatan ini adalah membangkitkan kembali usaha Mitra dan terlahirnya pelaku usaha kecil, serta meningkatnya perekonomian masyarakat  di Kelurahan Barombong di era pandami Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *