Dosen Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNM Melakukan PKM Terpadu Tahun 2021 di SMKN 7 Takalar

Foto : Tim Dosen Pelaksana PKM Prodi Pend. Akuntansi FEB UNM

Dosen Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Terpadu Tahun 2021 di Kabupaten Takalar, tepatnya di SMK Negeri 7 Takalar. PKM yang dilaksanakan di SMK Negeri 7 Takalar merupakan implementasi dari Perjanjian Kerja Sama antara Program Studi Pendidikan Akuntansi FEB UNM dengan SMK Negeri 7 Takalar untuk melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia yang telah ditandatangani bersama antara Ketua Program Studi Pendidikan Akuntansi FEB UNM, M. Ridwan Tikollah, S.Pd., M.SA dengan Kepala SMK Negeri 7 Takalar, Sunardi, S.Pd.

Baca Juga : Adakan Lokakarya Kurikulum, Universitas PEPABRI Siap Sukseskan MBKM tahun 2021

Kegiatan yang berlangsung pada 7/09/2021 diikuti oleh Wakil Kepala Sekolah dan guru-guru SMK Negeri 7 Takalar yang dibuka oleh Kepala SMK Negeri 7 Takalar Sunardi, S.Pd., yang dalam sambutannya menyampaikan agar guru-guru di sekolahnya mampu membuat PTK secara mandiri untuk kepentingan pembelajaran dan kenaikan pangkat. Selain itu, dengan adanya PKM Strategi Pembelajaran dan Media Pembelajaran dapat membantu guru-guru SMK 7 Takalar dalam memahami dan mengimplementasikan strategi dan media tersebut dalam pembelajarannya.

Kegiatan diawali dengan PKM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dengan Ketua Tim Pengabdi M. Ridwan Tikollah, S.Pd., M.SA. dan anggota Prof. Dr. Muhammad Azis, M.Si dan Fajriani Azis, S.Pd., M.Si. Kegiatan ini dilanjutkan dengan PKM Strategi Pembelajaran dengan Ketua Tim Pengabdi Nuraisyiah, S.Pd., M.Pd. dan anggota Drs. M.Yusuf A. Ngampo dan Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si, serta PKM Media Pembelajaran dengan Ketua Tim Pengabdi Sahade, S.Pd., M.Pd dan anggota Drs. Abd. Rijal, M.Si dan Samsinar, S.Pd., SE., M.Si., Ak., CA.
Strategi pembelajaran dan media yang digunakan dalam pembelajaran merupakan hal utama yang harus dipahami oleh seorang guru dalam melakukan PTK. PTK yang dilakukan oleh seorang guru tentunya menjadi solusi dalam masalah-masalah pembelajaran di kelas. Untuk itu seorang guru harus menyadari pentingnya PTK dan mampu mengetahui kesulitan yang menjadi penghambat dalam menyusun PTK.
Setelah mengikuti kegiatan PKM ini, guru diharapkan mampu membuat PTK dan publikasi ilmiah secara berkala. Selain itu guru juga memahami terkait strategi dan pemanfaatan media pembelajaran khususnya Canva agar dapat digunakan dalam pembelajaran khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini. Untuk mewujudkan hal tersebut, Tim Pengabdi yang merupakan Dosen Program Studi Pendidikan Akuntansi FEB UNM menyatakan kesiapan untuk terus menjalin kerja sama dan mendampingi para guru dalam penyusunan rencana, pelaksanaan, pelaporan, dan publikasi ilmiah PTK serta dalam pemahaman dan pemanfaatan strategi dan media pembelajaran di SMK Negeri 7 Takalar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *