Jalankan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Dosen Program Studi Kewirausahaan FEB UNM adakan Pelatihan Wirausaha di Kabupaten Sidrap

Tim PKM Dosen Kewirausahaan FEB UNM dan Peserta Pelatihan

Sidrap. Dosen Program Studi Kewirausahaan FEB UNM melaksanakan Program Kemitraan Masryarakat (PKM) PNBP tahun 2021 dengan tema “Pelatihan wirausaha Bagi Masyarakat Kelurahan Bilokka Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang”. PKM ini dilaksanakan oleh tim yang diketuai oleh  Dr. Agus Syam, S.Pd.,M.Si. yang beranggotakan Dr. Muhammad Jufri, M.Pd., Sudarmi, S.Pd., Asmayanti, SE., MM., Muhammad Alfa Sikar, S.IP., M.Si. dan Mahmuddin, S.Sos.,M.Si. dengan melibatkan Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan yang tergabung di dalam tim PKM, serta dihadiri oleh Masyarakat  Kelurahan Bilokka sebagai mitra/peserta pelatihan. (2/9/2021).

Dr. Agus Syam., S.Pd., M.Si. menjadi Instruktur Pelatihan PKM

Dr. Agus Syam, S.Pd.,M.Si., Ketua Tim PKM menyampaikan bahwa tujuan dari PKM ini tiada lain untuk memberikan edukasi pada masyarakat melalui pelatihan sebagai solusi terhadap permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat, dengan melakukan inovasi dan memanfaatkan hasil alam yang tumbuh di sekitar lingkungan mereka seperti pemanfaatan buah pisang dengan dijadikan keripik yang memiliki multi varian rasa sebagai sumber pendapatan ekonomi yang bisa dipasarkan ke masyarakat umum. Keripik “Loka Manurung” ini akan menjadi inovasi dalam berwirausaha  di masa Pandemic Covid-19 saat ini, Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kemandirian masyarakat untuk tetap memberdayakan setiap potensi di sekitar lingkungan mereka agar tetap selalu produktif di saat terjadi pandemic, agar dapat memberikan manfaat peningkatkan perekonomian keluarga mereka. Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab Kami sebagai akademisi untuk melaksanakan Pengabdian masyrakat sebagai salah satu Tri Dharma Perguan tinggi, ungkapnya (2/9/2021).

Jukhri salah seorang Warga Kelurahan Bilokka sekaligus peserta pelatihan sangat mengapresiasi dan menyampaikan banyak terimakasih kepada TIM PKM Prodi Kewirausahaan FEB Universitas Negeri Makassar atas adanya kegiatan PKM wirausaha yang berbentuk pelatihan pembuatan keripik “Loka Manurung” ini . Bagi Kami warga Kelurahan Bilokka, pelatihan ini sangat penting terutama bagaimana Kami memulai berwirausaha di masa Pandemic Covid-19, karena itu, kita semua tahu di masa Covid-19 banyak sekali masyarakat dan pelaku usaha yang mati suri dan tidak berjalan secara normal. Saya mewakili Warga Kelurahan Bilokka mengapresiasi atas kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa terus dijalankan dan bermanfaat untuk masyarakat Warga Kelurahan Bilokka, lanjutnya. (2/9/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *