Jambu Mete Unggulan Selayar

Kabupaten Kepulaua Selayar sudah lama dikenal dengan penghasil biji mete (mente) dari daratan utama Kepulauan Selayar sampai ke pulau-pulau kecilnya merupakan penghasil Jambu Mete Unggulan Selayar.

Siklus panen Mete (mente) dilakukan masyarakat petani selayar yaitu setahun sekali antara bulan Oktober sampai bulan Januari tahun berikutnya, masa panen biasanya berlangsung selama 4 bulan, dengan kuwalitas biji yang telah tua.

Pengembangan Biji Mete (Mente)

Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan dan Econatural Society Indonesia melakukan mitra untuk pengembangan Biji Mete (mente) sebagai bahan makanan ringan (Cemilan) yang dapat dikonsumsi langsung atau pun sebagai ole-ole dari selayar.

Pembentukan kelompok binaan Ibu-ibu duafa KUB Bangun Silajara Dusun Kalaroi, Desa Tamalanrea Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar, untuk melakukan pengolahan biji mete (mente) menjadi bahan makanan ringan yang diberi nama “Mete Silajara”. Pengolahan biji mete (mente) dilakukan secara kelompok, dengan jumlah anggota kelompok 15 orang ibu-ibu dibawah binaan Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan dan Econatural Society Indonesia.

Mete Silajara

Mete Silajara berasal dari Jambu Mete Selayar pilihan, memiliki tekstur yang gurih dan rasa mete yang lebih khas kepulauan selayar. Proses pengupasan hingga pengemasan telah memenuhi standar Dinkes dan Halal MUI, dilihat dari adanya izin P-IRT dan Nomor Halal dari LPPOM MUI. Sehingga aman dikonsumsi bagia semua kalangan masyarakat tanpa ada bahan pewarna atau pun bahan pengawat makan lainya.

Hasil Olahan Mete Silajara Oleh KUB Bangun Silajara

Membeli produk Mete Silajara tidak hanya akan menikmati gurihnya mete (mente), juga memberikan sumbangsih berdaya bagi kelompok pengupas mete di Selayar, karena setiap produk yang dibeli terdapat pundi-pundi rupiah yang akan diterima kelompok binaan. Sehingga warga masyarakat, khusunya pemerintah daerah selayar harus terus dukung agar mereka berdaya dengan membeli dan juga melakukan promosi keteman-teman yang lain atau bahkan dapat di ikut kan ketika ada pameran makanan olahan.

Pegolahan Biji Mente KUB Bangun Silajara

Harganya Mete Silajara dengan ukuran 1 kg mete utuh di jual dengan harga Rp. 150.000,- 1 kg mete tidak utuh dengan harga Rp. 135.000,-. Tersedia juga kemasan ukuran 1/2 kg dengan harga jual 1/2 kg dengan mete silajra utuh Rp. 80.000,- dan untuk biji mete silajra yang tidak utuh dengan ukuran 1/2 kg dengan harga Rp. 70.000,-.


Penulis = Uyu

Editor = Rustam

One thought on “Jambu Mete Unggulan Selayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *