Kelompok Perempuan Dampingan Program Gis Kepulauan Tanakeke Takalar

Fasilitator Moh. Riski Ladjindung, S.Kel

Info Pemesanan No Hp : +62 821-9721-5271 Whatsaap : +62 821-9721-5271

Kelompok Perempuan

Pengembangan dan pedampingan kelompok pengolah hasil perikanan, yang baik adalah menghasilkan produk dan berkelanjutan. Banyak kelompok-kelompok pengolah hasil perikanan di Indonesia sudah “mati siru” hanya ingin mendapatkan bantuan dari pemerintah tapi tak mau mengembangkan usaha yang telah dibentuk.

Lepas dari itu semua, ada juga yang berhasil dan masih melakukan kegiatan produksi. Seperti kelompok MELATI AYU, JAYA SUKSES DAN CAHAYA BERKAH, kelompok pengolah yang sudah lama dibentuk di kepulauan Tanakeke dusun Lantangpeo Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.

Kelompok yang selama ini sudah tidak melakukan produksi dan tidak terdapingi dengan baik sehingga tidak aktif lagi. Pada tahun 2019 awal, program GIS yang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia, dibawa kementrian ESDM melalui program bantuan untuk masyarakat pulau tanakeke yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Disamping program tersebut, juga melakukan pendampingan kepada kelompok-kelompok perempuan untuk pengembangan ekonomi masyarakat pulau tanakeke. Moh. Riski Latdjindung sebagai fasilittator, melakukan pendampingan untuk pengembangan hasil perikanan yang dapat diolah sehingga bernilai ekonomi yang tinggi demi memajukan ekonomi masyarakat pulau.

Info Pemesanan  No Hp : +62 821-9721-5271  Whatsaap : +62 821-9721-5271
Info Pemesanan No Hp : +62 821-9721-5271 Whatsaap : +62 821-9721-5271

Hasil Olahan Perikanan

Kelompok perempuan yang menjadi dampingan pada saat ini yaitu kelompok MELATI AYAU, JAYA SUKSES dan CAHAYA BERKAH. Ada tiga kelompok perempuan dengan jenis olahan yang berbeda. Keripik ikan Baronang diolah oleh kelompok Melati Ayu dan Keripik Capit Kepiting diolah oleh kelompom Cahaya Berkah dan Kerik kerang Tude diolah oleh kelompok Jaya Sukses.

Info Pemesanan No Hp : +62 821-9721-5271 Whatsaap : +62 821-9721-5271

Dengan mengandalkan bahan baku yang berda di perairan pulau Tanakeke, yang dikelilingi oleh hutan mangrove sebagai tempat hidup dari ikan baronang, kepiting dan kerang, juga sebagai tempat memijah dan bertelur. Sehingga stok bahan baku sebagai olahan kelompok tak akan habis apabila lingkungan mereka tetap dijaga.

keripik ang peo memiliki rasa yang khas, berbahan baku kerang, Kepiting, Ikan Baronang. Diambil dari perairan kawasan lestari hutan manggrove tanakeke, perairannya sehat, Terbebas dari Limbah…mari ki coba cemilan khas tanakeke

2 thoughts on “Kelompok Perempuan Dampingan Program Gis Kepulauan Tanakeke Takalar

  1. Pingback: Inovasi Gula Semut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *