Menara Indah Mengembangkan Desa Konservasi

Selayar, Program Desa Konservasi sudah banyak dilakukan di Indonesia, bagi desa yang berada di pesisir pantai sistem konservasi menjadi daya tarik bagi pemerintah desa untuk memajukan desa dan masyarakatnya.

Program Model Desa Konservasi (MDK) merupakan model konservasi yang memberi peluang kepada masyarakat untuk terlibat aktif dan mendapat akses yang aman dalam pemanfaatan jangka panjang dalam mendukung konservasi kawasan Laut. Model akses pemanfaatan ini dapat berbeda-beda dari satu kawasan dengan kawasan lain tergantung pada kesepakatan pihak yang berwenang dalam pengelolaan kawasan. Program Model Desa Konservasi (MDK) dianggap berimplikasi positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan mampu memberi nilai tambah ekonomi masyarakat. namun nilai pendapatan ini pada dasarnya masih relatif kecil bila dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat. Nilai pendapatan masyarakat sangat berpeluang untuk ditingkatkan dengan memanfaatkan potensi dan peluang yang ada, tentunya harus dibarengi dengan keberlanjutan peningkatan sumberdaya masyarakat dan fasilitasi oleh pihak pemerintah desa, kabupaten dan OPD yang terkait untuk membuka peluang pasar atau pun mitra/jejaring kerja.

Peta Rencana Kawasan Konservasi Desa Menara Indah

Desa Menara Indah Kab. Kepulauan Selayar mempunyai SDA laut yang dapat dimanfaatkan untuk sistem Desa Konservasi, sehingga pemerintah Desa ingin mengembangkan desanya menjadi desa konservasi. Perencanaan itu sudah sejak lama setelah mengikuti beberapa kegiatan atau pun seminar-seminar terkait dengan desa wisata dan desa konservasi.

Melihat letak geografis Desa Menara Indah, sebagai desa kepulauan yang letaknya tidak jauh dari daratan utama Kab. Kepulauan Selayar, hanya membutuhkan waktu 15 menit menggunakan kapal untuk menuju ke Desa Menara Indah. Akses jalan menuju pelabuhan Nipa-Nipaiya sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan roda empat.

Selain itu, potensi laut yang dimiliki Desa Menara Indah sangat potensial untuk dijadikan daerah konservasi. Dikelilingi laut dengan pasir putih sebelah selatan dan juga tebing batu yang nan elok untuk dijadikan tempat wisata.

Kawasan terumbu kerang yang mengelilingi pulau dengan kondisi yang masih dapat dikembangkan melalui sistem konservasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *