Program Kemitraan Masryarakat (PKM) Dosen STIM Lasharan Jaya Makassar Melatih Ibu-Ibu Rumah Tangga di Kabupaten Sidrap

Dosen STIM Lasharan Jaya Makassar dan Ibu-ibu Peserta Pelatihan

SIDRAP. Dosen STIM Lasharan Jaya Makassar melaksanakan Program Kemitraan kepada  masyarakat tahun 2021 dengan tema “PKM Ibu-ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Kelurahan Biloka Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sindenreng Rappang”. PKM ini dilaksanakan oleh Sudarmi, S.Pd., M.Pd. (ketua) Guntur Suryo Putro, SE., MM. Afriani, SE., MM. Sitti Fadjriyah, SE., M.Pd. dan Muharram, SS., MM. (anggota) serta dihadiri oleh Ibu-ibu Rumah Tangga di Kelurahan Bilokka sebagai mitra/peserta pelatihan. (19/9/2021).

Sudarmi, S.Pd., M.Pd, Ketua Tim PKM menyampaikan bahwa tujuan dari PKM ini tiada lain untuk memberikan edukasi pada masyarakat melalui pelatihan sebagai solusi terhadap permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat, dengan melakukan inovasi dan memanfaatkan hasil alam yang tumbuh di sekitar lingkungan mereka seperti pemanfaatan buah pisang dengan dijadikan cemilan yang memiliki multi varian rasa sebagai sumber pendapatan ekonomi yang bisa dipasarkan ke masyarakat umum. “Pisang Emas Crispy” ini akan menjadi inovasi dalam berwirausaha  di masa Pandemic Covid-19 saat ini, Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kemandirian masyarakat untuk tetap memberdayakan setiap potensi di sekitar lingkungan mereka agar tetap selalu produktif di saat terjadi pandemic, agar dapat memberikan manfaat peningkatkan perekonomian keluarga mereka. Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab Kami sebagai akademisi untuk melaksanakan Pengabdian masyrakat sebagai salah satu Tri Dharma Perguan tinggi, ungkapnya (19/9/2021).

Ibu Hikma Salah seorang Warga Kelurahan Bilokka sekaligus peserta pelatihan mengemukakan bahwa dengan adanya kegiatan PKM ini yang berbentuk pelatihan “Pisang Emas Crispy” ini dapat menambah pengetahuan tentang pengelolaan pisang menjadi “Pisang Emas Crispy yang dapat dijadikan sebagai makanan “cemilan” sekaligus dapat diwirausahakan.

Senada dengan pernyataan tersebut, Ibu Hasrina juga mengemukan bahwa bahan baku dari “Pisang Emas Crispy” ini mudah didapat sehingga tidak menyulitkan dalam penyediaan bahan baku. (19/9/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *