Pulau Tinalapu Dikelilingi Pasir Putih

Keindahan Pulau Tinalapu Banggai

Pulau Tinalapu yang berada di kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai memiliki keindahan bawah laut yang indah, dengan pasir putih yang mengelilingi pulau membuat Tinalapu menjadi rekomendasi bagi traveler untuk mengunjunginya.

Tinalapu berada di atas tumpukan karang (taka), adanya dinamika pergerakan air yang terjadi membuat pendangkalan ditengah taka sehingga lama kelaman akan menjadi sebuah daratan baru dengan sedimen pasir dan menjadikan satu objek wisata yang terbentuk secara alami.

Pulau Tinalapu dari ketinggian

Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai telah menambah Infrastruktur seperti Gazebo atau rumah wisata sehingga para wisatawan dapat beristrihat untuk menikmati keindahan pulau Tinalapu.

Awalnya, Pulau Tinalapu hanya dijadikan tempat persinggahan nelayan menunggu waktu memancing. Seiring berbagai promosi wisata lokal, pulau ini mulai dikenal dan menjadi tujuan wisata. Keindahan bawah laut pulau ini sungguh luar biasa. Kualitas air laut yang masih terjaga membuat terumbu karang berukuran besar tumbuh dengan baik.

Berbagai jenis ikan dengan corak warna-warni bisa Anda temui di sini. Bagi yang gemar snorkeling dan berenang, jangan lupa membawa perlengkapan snorkeling seperti masker atau kacamata renang, snorkle, dan fhins (kaki katak).

Baca Juga : Air Terjun Salodik

Akses menuju lokasi dari kota luwuk menghabiskan waktu 4 – 5 jam dengan perjalan darat menuju ke utara, tepatnya di kecamatan Pagimana bagian pesisir. Setelah menempuh perjalanan darat kita akan menempuh perjalanan laut dengan kapal Speedboat yang tiap hari menunggu wisatawan yang ingin menuju ke pulau Tinalapu. Biaya tergelong masih sesuai dengan isi dompet kita, hanya berkisar antara Rp. 100.000; – 300.000;

Di sekitar Pelabuhan Pagimana terdapat tempat penginapan sederhana untuk beristirahat. Dari pelabuhan menuju Pulau Tinalapu dapat ditempuh dengan speedboat. Jaraknya sekitar satu jam.

Pulau ini juga terkenal dengan olahan seafood-nya yang menggugah selera. Ada beberapa restoran dengan bangunan kayu yang dibuat menjorok ke arah laut. Anda bisa singgah untuk berwisata kuliner. Selain mencicipi makanan, Anda akan disuguhi keindahan laut Pagimana.

Welcome Tinalapu Island

Keindahan pasir putih dan kejernihan air laut membuat kita akan lupa dengan kesibukan yang selama sepekan menguras tenaga dan pikiran. Di pulau Tinalapu ini kita akan dimanja dan melupakan semua kesibukan tersebut karena keindahan alam yang masih sangat alami.


R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *