Usung Tema ‘’Peduli Lingkungan Hijaukan Alam’’ Dosen dan Mahasiswa Stim Lasharan Jaya Laksanakan Pengabdian di Kabupaten Takalar

Foto : Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya dan UKM Mahasiswa Pencinta Alam

 Takalar.  Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya  dan UKM Mahasiswa Pencinta Alam Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya  menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan penanaman bibit pohon. Kegiatan tersebut mengambil tema “Peduli Lingkungan Hijaukan Alam”. Kegiatan ini dilaksanakan Oleh TiM Pengabdi Yaitu Arfiany,SE.MM (Ketua), Dr.Hernita,SE.MM,Sudarmi, S.Pd. M.Pd, Nurhidayanti.S,SE.M.Si, Dr.Iwan Perwira,SE,MM, Sukmatica SlameT,SE.MM, Yasni,SE,MM, Muhammad Basri,ST.MM, Rilfan kasi  rante’dung,SE.MM.

Sebelum menanam bibit pohon, warga Dusun Mandi’ Desa Marannu Kecamatan Galesong Kabupaten takalar  yang menjadi sasaran kegiatan diberikan penyuluhan terlebih dahulu sebelum turun Lapangan Untuk Penanaman Pohon pada Sabtu, 10 desember 2022. Penyuluhan dilaksanakan di Kantor Desa Dusun Mandi’ Desa Marannu Kecamatan Galesong Kabupaten takalar  dengan mengundang Perangkat Desa dan Warga Sekitar. Arfiany SE.M.M Sebagai Ketua TIM menyampaikan betapa pentingnya melaksanakan penghijauan lingkungan, terlebih di kondisi pemanasan global saat ini. Selain itu, beliau juga menjelaskan bagaimana cara menanam bibit pohon yang baik dengan menyesuaikan kondisi tanah serta lingkungan. Dusun Mandi’ Desa Marannu Kecamatan Galesong Kabupaten takalar  berada di wilayah yang berdekatan dengan Pesisir Pantai  dan memiliki kondisi tanah yang sangat mendukung untuk ditanami bibit pohon , termasuk bibit pohon yang akan ditanam dalam kegiatan ini, yakni buah sirsak, dan Pohon Ketapang. Adapun Jumlah Pohon yang di tanam Sebanyak 600 Pohon.

                                 Foto: Penanaman Bibit Pohon

Kegiatan penanaman bibit pohon ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada lingkungan Dusun Mandi’ Desa Marannu Kecamatan Galesong Kabupaten takalar  . Selain untuk manfaat penghijauan alam, diharapkan setelah bibit pohon tumbuh besar masyarakat  dapat memanfaatkan buah-buahan yang dihasilkan oleh setiap pohon. Lebih lanjut, berorientasi pada perencanaan Desa Wisata yang ada di Desa Marannu.

 Hal tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Ibu  Haerunnisya, salah seorang masyarakat sekitar Dusun Mandi’ Desa Marannu Kecamatan Galesong Kabupaten takalar  . Ibu yang berprofesi sebagai salah satu perangkat Desa ini menyampaikan “Alhamdulillah, saya mengucapkan terima kasih pada Dosen Mahasiswa STIM Lasharan Jaya dan adik-adik mahasiswa UKM MAPALA, semoga masyarakat bisa menjaga amanah bibit pohon ini (merawat bibit pohon). Semoga ketika sudah besar (pohon-pohonnya) masyarakat dapat memanfaatkan buah dari pohon sebaik-baiknya. Lebih-lebih nanti bisa digagas Taman Wisata Petik Buah dan pemamfaatan Sumber Ekonomi Lainnya disini, agar bisa menjadi ladang pendapatan bagi masyarakat.” pungkas beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *